Detail Pengumuman/Informasi
Home
Detail Informasi
PENGUMUMAN PENDAFTARAN PENEMPATAN CALON PEKERJA MIGRAN INDONESIA SKEMA SPECIAL PLACEMENT PROGRAM TO TAIWAN (SP2T) 2025 GELOMBANG I
NOMOR: PENG.77/04.03/PP.02.04/I/2025
Memperhatikan Surat Permintaan Kebutuhan Pekerja Migran Indonesia di Taiwan melalui Skema Spesial Placement Program to Taiwan (SP2T) dari Shinkong Textile Co., Ltd., bersama ini diberitahukan kepada Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) informasi sebagai berikut:
A. KONDISI KERJA DAN JUMLAH KEBUTUHAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA
- Informasi kebutuhan Pekerja Migran Indonesia:
- Jabatan: Operator
- Jumlah: 15 orang
- Uraian pekerjaan: melakukan operasi mekanis, memahami aturan produk dan menyesuaikan parameter terkait mekanis dan metode operasi.
- Tempat Kerja: Pabrik Taoyuan atau Pabrik Daxi
- Gaji: NTD28.590
- Durasi kontrak kerja: 3 tahun
- Kondisi kerja:
- 6 hari kerja dan 1 hari libur dalam 1 minggu
- 8 jam kerja setiap hari
- Kemungkinan setiap hari lembur 1 s.d. 4 jam (ada uang lembur)
- Biaya penempatan yang ditanggung oleh Pemberi Kerja* (zero cost):
- Tiket Keberangkatan
- Visa Kerja
- Biaya Pemeriksaan Kesehatan
- Biaya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan)
- Paspor
- Transport Lokal (dari daerah asal ke embarkasi)
*penggantian dengan sistem reimbursement sesuai kuitansi.
4. Potongan biaya saat penempatan kerja sesuai ketentuan Taiwan*:
- Asuransi Kesehatan: NTD 443
- Asuransi Ketenagakerjaan: NTD 715
- Biaya Makan (3x sehari) dan Tempat Tinggal: NTD 2.500
- Uang Tunjangan Serikat Pekerja: NTD Total gaji *0,5%
*pemotongan biaya per bulan
B. PERSYARATAN PENDAFTARAN
- Warga Negara Indonesia dan Penduduk tetap Indonesia
- Berusia minimal 18 tahun
- Lulusan SMA/SMK, Diploma, Universitas
- Tidak boleh buta warna (parsial maupun total)
- Diutamakan belum pernah bekerja di Taiwan
C. DOKUMEN PERSYARATAN
- Scan E-KTP (ekstensi.jpg)
- Scan Kartu Keluarga (KK) harus menggunakan format baru yang menggunakan QR code (ekstensi.jpg)
- Scan Asli Surat Ijin dari Orang Tua/Wali/Suami/Istri yang ditandatangani diatas materai Rp. 10.000,- diketik manual atau komputer wajib diketahui Lurah atau Kepala Desa (ekstensi.pdf) (form lampiran I)
- Scan Asli Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit/Puskemas Pemerintah yang berlaku dan Surat Keterangan Tidak Buta Warna (ekstensi.pdf)
- Scan Asli Surat Keterangan Status Perkawinan (bagi yang telah menikah melampirkan Scan buku Nikah) dalam (ekstensi.pdf) (form lampiran II)
- Scan Asli Surat Pernyataan Kesanggupan (ekstensi.pdf) (form lampiran III)
- Scan Ijazah Pendidikan (ekstensi.pdf)
- Scan Sertifikat Keahlian (ekstensi.pdf) (jika ada)
- Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih, menghadap kedepan dan tampak jelas dengan ukuran 3x4 cm. (ekstensi.jpg, file berukuran maksimal 2 mb)
- Scan Akta Kelahiran harus menggunakan format baru yang menggunakan QR code (ekstensi.jpg)
- Paspor yang masih berlaku lebih dari 6 bulan (ekstensi.jpg) (jika ada)
Catatan:
- Data identitas pada Akta Kelahiran, KTP, KK, dan ijazah harus sama. Apabila terdapat data yang tidak konsisten, maka pengajuan lamaran akan ditolak.
- Ukuran masing-masing scan dokumen dalam ekstensi.pdf maksimal 500kb.
D. PENDAFTARAN
- Registrasi pendaftaran diawali dengan CPMI membuat kun SISKOP2MI melalui website https://siskop2mi.bp2mi.go.id/. Kemudian CPMI mengisi data yang diperlukan. Setelah mengisi dan submit, pelamar akan mendapatkan bukti berupa Akun SISKOP2MI.
- Bagi yang telah memiliki akun SISKOP2MI dapat langsung login dan memperbaharui data.
- CPMI menggunakan akun SISKOP2MI untuk login dan memilih lowongan kerja yang tersedia untuk SP2T. Selanjutnya menggungah dokumen – dokumen yang dipersyaratkan sebagaimana tercantum dalam huruf B di atas, termasuk memilih lokasi BP3MI/P4MI/LTSA sebagai tempat pelaksanaan verifikasi.
- CPMI melamar lowongan yang tersedia pada skema SP2T yang kemudian mendapatkan BUKTI LAMARAN yang telah dilengkapi dengan QR Code yang dapat diakses di SISKOP2MI serta dikirim ke e-mail pelamar yang bersangkutan. Jika diperlukan dapat diprint atau cukup diperlihatkan dengan menggunakan HP Android.
- BUKTI LAMARAN ber-QR code dapat dipergunakan untuk melakukan pengecekan tahapan proses penempatan yang telah dilalui baik oleh pelamar maupun verifikator.
Catatan:
- Pendaftar harus menunjukkan dokumen asli persyaratan yang telah diunggah dalam SISKOP2MI pada saat pelaksanaan seleksi interview.
- Dokumen paspor diperlukan setelah pelamar dinyatakan lulus seleksi interview.
E. WAKTU PENDAFTARAN
- Waktu pendaftaran untuk CPMI adalah tanggal 24 Januari s.d. 07 Februari 2025.
- SISKOP2MI akan membuka pendaftaran tanggal 24 Januari 2025 pukul 15.00 (siang) WIB.
- SISKOP2MI akan menutup pendaftaran tanggal 07 Februari 2025 pukul 12.00 (siang) WIB.
F. ALUR PROSES PENEMPATAN PROGRAM SP2T
- CPMI melengkapi data dan dokumen yang dipersyaratkan kemudian melamar kerja pada lowongan yang tersedia di SISKOP2MI.
- BP3MI/P4MI/LTSA melakukan proses verifikasi kelengkapan dan keabsahan dokumen penempatan secara online. Paling lambat tanggal 10 Februari 2024 hasil verifikasi dokumen akan dikirim notifikasi melalui e-mail.
- Pemberi Kerja melakukan penjadwalan seleksi melalui SISKOP2MI. Pelamar yang terpilih untuk mengikuti seleksi, akan mendapat notifikasi melalui e-mail paling lamat tanggal 14 Februari 2023.
- Pelaksanaan seleksi dapat dilakukan selama 1 hari pada tanggal 20 Februari 2025 secara daring melalui Video Conference yang difasilitasi BP3MI/P4MI/LTSA.
- Pelamar yang lulus seleksi akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail yang bersangkutan.
- Pelamar yang lulus seleksi wajib segera melakukan pemenuhan dokumen diantaranya: SKCK, Paspor, Pemeriksaan Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Perjanjian Kerja (PK), dan Visa.
- Calon Pekerja Migran Indonesia yang telah melakukan pemenuhan dokumen wajib mengikuti Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP), pendataan sidik jari biometrik untuk menyelesaikan proses di BP3MI/P4MI/LTSA.
- Pekerja Migran Indonesia yang telah menyelesaikan proses di SISKOP2MI akan dijadwalkan keberangkatannya ke Taiwan.
Catatan:
Biaya transportasi dan akomodasi yang timbul selama PROSES SELEKSI/WAWANCARA PROGRAM SP2T TAIWAN ditanggung oleh pelamar/kandidat.
G. INFORMASI DAN PERTANYAAN
Informasi dan pertanyaan seputar pendaftaran dan penempatan program SP2T di Taiwan dapat melalui e-mail: ask.sp2t@gmail.com
Demikian pengumuman ini disampaikan, bilamana terjadi kesalahan atau kekeliruan akan diperbaiki sebagaimana mestinya.
Jakarta, 24 Januari 2025
Direktur Penempatan Nonpemerintah
Pada Pemberi Kerja Berbadan Hukum
ttd
NURHAYATI