Detail Pengumuman/Informasi
Home
Detail Informasi
PENGUMUMAN PENDAFTARAN PENEMPATAN CALON PEKERJA MIGRAN INDONESIA SKEMA SPECIAL PLACEMENT PROGRAM TO TAIWAN (SP2T) TAHUN 2025 GELOMBANG II
NOMOR: PENG.406/04.03/PP.02.04/V/2025
Memperhatikan Surat Permintaan Kebutuhan Pekerja Migran Indonesia di Taiwan dari Taoyuan City Private Sunshine Air Water Elderly Long-term Care Center yang telah diverifikasi dan dilegalisasi KDEI Taipei, bersama ini diberitahukan kepada Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) informasi sebagai berikut:
A. KONDISI KERJA DAN JUMLAH KEBUTUHAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA
1. Informasi kebutuhan Pekerja Migran Indonesia:
- Jabatan: Perawat
- Jumlah: 2 orang
- Uraian pekerjaan:
- Perawatan sehari-hari pasien
- Memberi makan lewat selang nasogastrik
- Membersihkan area lingkungan kerja
- Membersihkan tempat tinggal (mes)
- Mengganti popok
- Menyuapi makanan
- Jasa pelayanan:
- Merawat pasien dengan selang nasogastrik
- Kateter urin
- Tabung oksigen
- Pasien demensia
- Terapi
- Pasien cuci darah
- Pasien kanker
- Gaji: NT$28.590
- Durasi kontrak kerja: 3 tahun
2. Ketentuan jam kerja:
- 8 jam perhari
- Kemungkinan lembur per hari: 2 jam
3. Biaya penempatan yang ditanggung oleh Pemberi Kerja*:
- Tiket keberangkatan
- Visa kerja
- Biaya pemeriksaan kesehatan
- Biaya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan)
*penggantian dengan sistem reimbursement sesuai kuitansi
4. Potongan biaya per bulan saat penempatan kerja sesuai ketentuan Taiwan*:
- Asuransi Kesehatan: NTD 443
- Asuransi Ketenagakerjaan: NTD 658
- Biaya Makan (2x sehari) dan Tempat Tinggal : NTD 2.500
B. PERSYARATAN PENDAFTARAN
- Warga Negara Indonesia dan Penduduk tetap Indonesia
- Jenis kelamin: Perempuan
- Berusia minimal 20 Tahun
- Lulusan D3 atau S1 Keperawatan
- Tidak buta warna (parsial maupun total) (dibuktikan dengan surat keterangan)
- Tinggi badan: minimal 158cm*
- Berat badan: minimal 55-60kg*
- Kualifikasi lainnya: diutamakan bagi yang memiliki background yang berkaitan dengan perawat, mengetahui cara mengangkat pasien.
- Lebih disukai apabila memiliki pengalaman kerja di bidang keperawatan dan memiliki STR.
*dicantumkan di surat keterangan sehat dan akan dilakukan pengukuran pada saat seleksi.
C. DOKUMEN PERSYARATAN
- Scan E-KTP (ekstensi.jpg)
- Scan Kartu Keluarga (KK) harus menggunakan format baru yang menggunakan QR code (ekstensi.jpg)
- Scan Asli Surat Ijin dari Orang Tua/Wali/Suami/Istri yang ditandatangani diatas materai Rp. 10.000,- diketik manual atau komputer wajib diketahui Lurah atau Kepala Desa (ekstensi.pdf) (form lampiran I)
- Scan Asli Surat Keterangan Sehat (termasuk informasi tinggi badan, berat badan, tensi darah, dan tidak dalam keadaan hamil) dari Puskesmas/Klinik/Rumah Sakit yang berlaku dan Surat Keterangan Tidak Buta Warna (maksimal 3 bulan terakhir) (ekstensi.pdf)
- Scan Asli Surat Keterangan Status Perkawinan (bagi yang telah menikah melampirkan Scan buku Nikah) dalam (ekstensi.pdf) (form lampiran II)
- Scan Asli Surat Pernyataan Kesanggupan (ekstensi.pdf) (form lampiran III)
- Scan Ijazah Pendidikan (ekstensi.pdf)
- Scan Sertifikat Keahlian (ekstensi.pdf) (Surat Tanda Registrasi atau STR jika ada)
- Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih, menghadap kedepan dan tampak jelas dengan ukuran 3x4 cm. (ekstensi.jpg, file berukuran maksimal 2 mb)
- Scan Visa/ARC/ASKES bagi yang pernah bekerja di Taiwan (ekstensi.pdf) (jika ada)
- Scan Akta Kelahiran harus menggunakan format baru yang menggunakan QR code (ekstensi.jpg)
- Paspor yang masih berlaku lebih dari 6 bulan (ekstensi.jpg)
Catatan:
- Pastikan dokumen yang diunggah dapat terbaca dengan jelas.
- Data diri dan data orang tua pada Akta Kelahiran, KTP, KK, dan ijazah harus sama. Apabila terdapat data yang tidak konsisten, maka pengajuan lamaran akan dikembalikan/ditolak.
- Lamaran yang dikembalikan masih dapat diperbaiki dan dikirim ulang oleh pelamar untuk diverifikasi kembali oleh BP3MI. Catatan perbaikan dapat dilihat pada modul Riwayat Lamaran (klik tombol kuning lihat “Catatan Verifikator”) di akun Sisko P2MI.
- Ukuran masing-masing scan dokumen dalam ekstensi.pdf maksimal 500kb.
D. PENDAFTARAN
- Registrasi pendaftaran diawali dengan CPMI membuat akun Sisko P2MI melalui website https://siskop2mi.bp2mi.go.id/. Kemudian CPMI mengisi data yang diperlukan. Setelah mengisi dan submit, pelamar akan mendapatkan bukti berupa Akun Sisko P2MI.
- Bagi yang telah memiliki akun Sisko P2MI dapat langsung login dan memperbaharui data.
- CPMI menggunakan akun Sisko P2MI untuk login dan memilih lowongan kerja yang tersedia untuk SP2T. Selanjutnya menggunggah dokumen – dokumen yang dipersyaratkan sebagaimana tercantum dalam huruf B di atas, termasuk memilih lokasi BP3MI/P4MI/LTSA sebagai tempat pelaksanaan verifikasi.
- CPMI melamar lowongan yang tersedia pada skema SP2T yang kemudian mendapatkan BUKTI LAMARAN yang telah dilengkapi dengan QR Code yang dapat diakses di Sisko P2MI serta dikirim ke e-mail pelamar yang bersangkutan. Jika diperlukan dapat diprint atau cukup diperlihatkan dengan menggunakan HP Android.
- BUKTI LAMARAN ber-QR code dapat dipergunakan untuk melakukan pengecekan tahapan proses penempatan yang telah dilalui baik oleh pelamar maupun verifikator.
Catatan:
- Pendaftar harus menunjukkan dokumen asli persyaratan yang telah diunggah dalam Sisko P2MI pada saat pelaksanaan seleksi interview.
E. WAKTU PENDAFTARAN
- Waktu pendaftaran untuk CPMI adalah tanggal 22 s.d. 26 Mei 2025.
- Sisko P2MI akan membuka pendaftaran tanggal 22 Mei 2025 pukul 12.00 (pagi) WIB.
- Sisko P2MI akan menutup pendaftaran tanggal 26 Mei 2025 pukul 12.00 (siang) WIB.
F. ALUR PROSES PENEMPATAN PROGRAM SP2T
- CPMI melengkapi data dan dokumen yang dipersyaratkan kemudian melamar kerja pada lowongan yang tersedia di Sisko P2MI.
- BP3MI/P4MI/LTSA melakukan proses verifikasi kelengkapan dan kesesuaian dokumen penempatan secara online. Paling lambat tanggal 30 Mei 2025 hasil verifikasi dokumen akan dikirim notifikasi melalui e-mail.
- Pemberi Kerja menentukan pelamar yang dipanggil seleksi wawancara melalui Sisko P2MI. Pelamar yang terpilih untuk mengikuti seleksi, akan mendapat notifikasi melalui e-mail paling lamat tanggal 5 Juni 2025.
- Pelaksanaan seleksi dilakukan selama 1 (satu) hari pada tanggal 12 Juni 2025 secara daring melalui Video Conference yang pelaksanaannya difasilitasi di BP3MI/P4MI/LTSA yang dipilih dari awal oleh pelamar.
- Pelamar yang lulus seleksi akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail yang bersangkutan.
- Pelamar yang lulus seleksi wajib segera melakukan pemenuhan dokumen diantaranya: SKCK, Paspor, Pemeriksaan Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Perjanjian Kerja (PK), dan Visa. Pemenuhan dokumen paling lama 1 bulan setelah pengumuman hasil seleksi.
- Calon Pekerja Migran Indonesia yang telah melakukan pemenuhan dokumen wajib mengikuti Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP), pendataan sidik jari biometrik untuk menyelesaikan proses di BP3MI/P4MI/LTSA.
- Pekerja Migran Indonesia yang telah menyelesaikan proses di Sisko P2MI akan dijadwalkan keberangkatannya ke Taiwan.
Catatan:
- Apabila ada perubahan jadwal pelaksanaan seleksi, maka akan diinformasikan pada kesempatan pertama.
- Tidak semua pelamar yang lolos verifikasi dokumen (administratif) akan dijadwalkan seleksi.
- Penetapan pelamar yang dijadwalkan mengikuti seleksi dan kandidat yang lolos seleksi merupakan keputusan mutlak dari Taoyuan City Private Sunshine Air Water Elderly Long-term Care Center dan di luar kewenangan KPPMI/BP2MI ataupun pihak lainnya.
- Biaya transportasi dan akomodasi lokal (di Indonesia) yang timbul selama PROSES PENEMPATAN PROGRAM SP2T TAIWAN ditanggung oleh pelamar/kandidat.
G. INFORMASI DAN PERTANYAAN
Informasi dan pertanyaan seputar pendaftaran dan penempatan program SP2T di Taiwan dapat melalui e-mail: ask.sp2t@gmail.com
Demikian pengumuman ini disampaikan, bilamana terjadi kesalahan atau kekeliruan akan diperbaiki sebagaimana mestinya.
Jakarta, 22 Mei 2025
Direktur Penempatan Nonpemerintah
Pada Pemberi Kerja Berbadan Hukum
ttd
Nurhayati